Rumus Cara Menghitung Kecepatan serta Contoh Soal

Menghitung Kecepatan - Setiap hari anda sering mengendarai kendaraan, seperti mobil, sepeda, motor dan lain-lain. Semua kendaraan mempunyai kecepatan berbeda-beda, tergantu dari anda memakainya dan kemampuan kendaraaan tersebut. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tenta kecepatan, cara mencari kecepatan, rumus mencari kecepata rata-rata, rumus mencari jarak yang di tempuh berdasarkan jarak dan waktu tempuh, mencari waktu yang di butuhkan untuk mencapai jarak dengan kecepatan tertentu, dan lain-lain. Semoga anda dapat mengerti setelah menbaca artikel kami.

Kecepatan

Kecepatan di definisikan sebagai perubahan kedudukan atau tempat benda dari titik ke titik lainnya. Kecepatan merupakan laju suatu benda dari awal bergerak hingga sampai ke titik tertentu. Kecepatan sering di kaitkan dengan kendaraan. Pada pelajaran sma khususnya fisika, telah membahas mengenai kecepatan. Kecepatan di akibatkan oleh sebuah gaya, baik itu gaya dorong, gaya mesin dari kendaraan, faktor tiupan angin, dan lain-lain.

Kecepatan Rata-rata

Kecepatan rata-rata merupakan perbandingan antara total waitu tempuh dengan total jarak yang di tempuh. Pada Speedometer yang ada pada kendaraan, baik itu motor atau pun mobil, menampilkan kecepatan rata-rata dan jarak yang di tempuh selama mengendarainya. Tetapi pada speedometer tidak menjelaskan apakah rata-rata yang di gunakan itu benar. Terkadang ketika anda menggunakan motor, tidak selamanya kecepatan rata-rata anda sama, kadang rendah, kadang pula tinggi. Lantas bagaimana cara menentukan kecepatan rata-rata?

Waktu Tempuh

Waktu tempuh merupakan total waktu yang di butuhkan dalam mencapai jarak yang di inginkan. Waktu yang di butuhkan dalam mencapai jarak bisa di hitung apabila anda mengetahui dengan menghitungnya selama anda dalam proses perjalanan menggunakan jam atau alat hitung waktu lainnya. Pada rumus, untuk dapat mengetahui waktu tempuh, anda harus mengetahui total jarak dan kecepatan rata-rata.

Jarak Tempuh

Jarak tempuh merupakan total keseluruhan dari jarak yang di tempuh dari titik awal ke titik tujuan. Untuk menemukan jarak sebenarnya, pada rumus anda harus mengetahui total waktu dan kecepatan rata-rata selama perjalanan.

Sebenarnya waktu, kecepatan rata-rata, dan jarak tempuh mempunyai keterkaitan. Jika ada dua dari ketiga bagian yang tidak di ketahui, maka akan sulit untuk mencari tahunya dengan menggunakan rumus.


Rumus Kecepatan Rata-rata

Untuk rumus kecepatan, kami mengambil rumus yang umum di gunakan dan di plajari di sekolah-sekolah. Rumus Kecepatan rata-rata adalah sebagai berikut :

Kecepatan Rata-rata = Jarak tempuh / Waktu tempuh

Atau


V = s/t


Keterangan :
V = Kecepatan rata-rata
s = Jarak tempuh
t = waktu tempuh

Contoh soal

1. Mencari kecepatan rata-rata

Contoh:
Andi mencari berangkat dari kota A pada pukul 01.00 dan tiba di kota B pada pukul 05.00. Jika jarak yang di tempuh oleh andi adalah 200 km, berapakah kecepatan rata-rata andi?
Jawab:
Diketahui:
t = waktu tiba - waktu berangkat = 05.00 - 01.00 = 4 jam
s = 200 km
Ditanyakan:
Kecepatan rata-rata = V = ..... ?
Penyelesaian:
masukkan nilai yang di ketahui kedalam rumus
V = s/t
V = 200 km / 4 jam
V = 50 km/jam
Jadi, kecepatan rata-rata selama menempuh jarak 200 km adalah 50 km/jam
Jika ingin mengetahui kecepatan rata-rata setiap menitnya maka anda harusm membaginya lagi denga 60 menit, sehingga menjadi
V = 50 km / 60 menit
V = 0,833 km/menit
Ubah dari km ke meter maka akan menjadi (1 km = 1000 meter)
V = 833 meter/menit

2. Mencari waktu tempuh

Contoh:
Ani berangkat dari kota A ke kota B dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Jika jarak yang di tempuh ani sebesar 300 km dan berangkat dari kota A pada pukul 03.00, pukul berapakah ani sampai di kota B?
Jawab:
Diketahui:
V = 40 km/jam
s = 300 km
Ditanyakan:
waktu tiba ani = t = ..... ?
Penyelesaian:
Jabarkan rumus sehingga t dapat di cari
V = s/t
t = s/V
masukkan nilai yang di ketahui ke dalam rumus
t = s/V
t = 300 / 40
t = 7,5 jam
t = 7 jam 30 menit
Ani berangkat dari kota A pada pukul 03.00
waktu tiba = waktu berangkat + waktu tempuh
waktu tiba = 03.00 - 7 jam 30 menit
wantu tiba = 10.30
Jadi, ani akan tiba di kota B pada pukul 10.30

3. Mencari Jarak tempuh

Contoh:
Budi berangkat dari makassar ke mamuju dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam dan waktu yang di butuhkan untuk sampai ke mamuju adalah 10 jam. Berapakah jarak antara makasar ke mamju?
Jawab:
Diketahui:
V = 60 km/jam
t = 10 jam
Ditanyakan:
Jarak dari makasar ke mamuju = s = .... ?
Penyelesaian:
Jabarkan rumus sehingga s dapat di cari
V = s/t
s = V x t
masukkan nilai yang di ketahui ke dalam rumus
s = 60 x 10
s = 600 km
Jadi, jarak antara makasar dan mamuju adalah 600 km.

Demikianlah penjelasan mengenai Rumus cara menghitung kecepatan serta contoh soal. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan komentar pertanyaan anda di bawah pada papan komentar atau anda dapat menghubungi kami di kontak kami. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Kecepatan
Kecepatan

No comments:

Post a Comment