Perbedaan Satuan ukur Lusin, Gross, Rim, dan Kodi serta contoh soal

Perbedaan Lusin, Gross, Rim, dan Kodi - Pada kehidupan sehari-hari anda sudah pasti pernah mendengar tentang lusin, gross, rim, dan kodi. Semua satuan ukur tersebut menunjukkan jumlah barang berbeda-beda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pengertian lusin, pengertian gross, pengertian rim, pengertian kodi, perbedaan masing-masing, bagaimana menentukan jumlah barang, dan lain-lain. Semoga anda dapat mengerti setelah membaca artikel kami.

Satuan Ukur

Satuan ukur biasanya di gunakan untuk menentukan berapa banyak barang yang ada. Misalkan pada barang yang di nyatakan 1 buah, angka 1 merupakan jumlahnya (ukur) dan buah menyatakan satuannya. Jika pada berat, misalkan 10 kg, angka sepulum merupakan jumlah (tolak ukur) dan kg menyetakan satuanya. Di beberapa barang menyatakan satuan ukur yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan dan pahami masing-masing perbedaan antara Satuan ukur Lusin, Gross, Rim, dan Kodi sebagai berikut:
  1. Lusin, merupakan satuan ukur yang di gunakan pada barang yang menyatakan barang tersebut sebanyak 12 buah. Yang artinya 1 Lusin = 12 buah. Satuan ukur ini biasanya di gunakan pada sendok, piring, dan lain-lain.
  2. Gross, merupakan satuan ukur yang di gunakan pada barang yang menyatakan barang tersebut sebanyak 144 buah = 12 lusin. Yang artinya 1 Gross = 144 buah = 12 lusin. Satuan ukur ini biasanya di gunakan pada alat-alat tulis, seperti pulpen dan buku.
  3. Rim, merupakan satuan ukur yang di gunakan pada setiap lembaran kertas yang menyatakan lembarannya sebanyak 500 lembar. Artinya 1 Rim = 500 lembar. 
  4. Kodi, merupakan satuan ukur yang di gunakan pada barang tekstil yang menyatakan jumlah barang tersebut sebanyak 20 buah. Artinya 1 Kodi = 20 buah. Satuan ukur ini biasanya di gunakan pada baju, celana, kain, dan lain-lain.

Penjelasan Singkat

Secara singkat, perbedaan masing-masing dari satuan ukur di atas dapat di tuliskan sebagai berikut:
1 Lusin = 12 buah
1 Gross = 144 buah = 12 Lusin
1 Rim = 500 lembar
1 Kodi = 20 buah 

Contoh 1

Pak budi ingin membeli paku sebanyak 24 buah yang di gunakan untuk membuar sebuah kursi. Jika 1 kotak berisi 1 lusin paku maka berapa kotak kah yang harus di beli pak budi?
Jawab:
diketahui 1 lusin = 12 buah
24/12 = 2
Jadi, yang harus di beli pak budi adalah 2 kotak.

Contoh 2

Jika seorang guru ingin membagikan pulpen ke setiap kelas dengan asumsi 1 kelas terdapat 40 siswa dan terdapat 10 kelas. Berapa lusin kah yang harus di beli guru tersebut. tentukan juga dalam gross.
Jawab:
Diketahui:
1 kelas = 40 siswa
10 kelas = 40 x 10 = 400 siswa
1 lusin = 12 buah
1 gross = 144 buah = 12 lusin
Ditanyakan:
Jumlah pulpen yang akan di beli... ?
Penyelesaian:
Jumlah pulpen yang di butuhkan adalah 400 buah
untuk mengetahui dalam lusin:
400/12 = 33 lusin 4 buah
untuk mengetahui dalam gross:
400/144 = 2 gross 9 lusin 4 buah
Jika di bulatkan, maka guru tersebut harus membeli pulpen sebanyak 3 gross

Kesimpulan:
  • Kegunaan satuan dalam lusin, gross, rim, dan kodi agar dapat mempermudah dalam menghitung suatu barang
  • Dalam memasok barang sebaiknya terlebih dahulu tentukan jumlah barang yang di butuhkan
  • Akan lebih mudah jika anda menghafal semua jumlah satuan ukurnya.
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Perbedaan Satuan ukur Lusin, Gross, Rim, dan Kodi serta contoh soal. Jika anda memiliki pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan pertanyaan anda di papan komentar yang ada di bawah. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.
Gambar Lusin, Kodi, Gross, Rim
Gambar Lusin, Kodi, Gross, Rim 

No comments:

Post a Comment