Cara menghitung dan mencari Nilai X serta contoh soal

Cara menghitung dan mencari Nilai X - Dalam pelajaran matematika sering kita jumpai soal yang mengkondisikan untuk menemukan nilai x. Dalam artikel ini, kami akan membahas seputar cara mencari nilai variabel x diantaranya cara menghitung nilai x, cara menentukan nilai x, contoh soal dalam mencari nilai x, bagaimana jika ada variabel lain pada sebuah persamaan, dan lain-lain. Semoga anda dapat mengerti semua penjelasan di artikel kami ini.

Nilai variabel

Nilai variabel x merupakan perumpamaan dalam persamaan. Pada kasus lain, ada juga yang menggunakan permisalan y, z, q (semua abjad huruf). Pada rumus-rumus sering di gunakan permisalan seperti ini, yang bertujuan agar lebih mudah dalam mencari nilai sesuatu misalnya dalam mencari nilai panjang pada persegi empat, maka akan di misalkan bahwa P merupakan panjang yang belum di ketahui (jika panjang yang di cari). Pada beberapa kasus, ada juga yang menggunakan 2 variabel dan 3 variabel untuk membedakan variabel yang satu dengan yang lain dalam artian bahwa variabel yang beda tersebut mempunyai nilai yang berbeda pula.

Menghitung dan Mencari Nilai variabel x

Dalam mencari dan menghitung nilai x, terdapat beberapa kasus yang berbeda diantaranya, x yang di cari terdapat pada persamaan biasa (1 variabel, 2 variabel, 3 variabel), x yang di cari merupakan sebuah pecahan, x yang di cari merupakan pangkat dari suatu angka, x yang di cari merupakan akar, x yang di cari menggunakan tanda mutlak, dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Menghitung Sistem Persamaan Linear 3 Variabel

Berikut beberapa kasus yang mungkin terjadi dalam mencari dan menghitung nilai x.

1. Jika Nilai x yang di cari merupakan persamaan linear dasar

Pada kasus ini, anda dapat menyelesaikannya dengan metode perkalian, pembagian, pengurangan, penambahan biasa. Perhatikan Contoh berikut ini.
Contoh
Berapa nilai x dari persamaan berikut
2(2x + 3) = 14
Jawab:
2(2x + 3) = 14
     4x + 6 = 14                      
           4x = 14 - 6                  
             x = 8/4                      
             x = 2
Jadi, nilai x adalah 2

2. Jika Nilai x yang di cari merupakan persamaan pecahan

Pada kasus ini, anda bisa menggunakan cara sesuai metode yang di gunakan pada kasus 1 dan menggunakan prinsip dasar pecahan. Perhatikan contoh berikut.
Contoh 1
Tentukan nilai x pada persamaan berikut
2(2x + 4) = 3
     2x
Jawab:
2(2x + 4) = 3
     2x
2(2x + 4) = 3(2x)
     4x + 8 = 6x
             8 = 6x - 4x
             8 = 2x
             x = 8/2
             x = 4
Jadi, nilai x adalah 4
Contoh 2
Tentukan nilai x dari persamaan berikut
x(2/3) + 10 = 12
Jawab:
x(2/3) + 10 = 12
x(2/3) = 12 - 10
      2x = 2
       3
      2x = 2(3)
      2x = 6
        x = 6
              2
        x = 3
Jadi, nilai x adalah 3

3. Jika nilai x yang di cari mempunyai kuadrat

Pada kasus ini, anda dapat menyelesaikannya dengan cara-cara yang ada di atas. Dalam menyelesaikannya, kemungkinan anda akan menggunakan akar untuk mendapatkan nilai x. Perhatikan contoh berikut.
Contoh
Tentukan nilai x dari persamaan berikut
x2 + 3 = 7
Jawab:
x2 + 3 = 7
      x2 = 7 - 3
      x2 = 4
        x = √4
        x = 2
Jadi, nilai x adalah 2

4. Jika x merupakan pangkat dari suatu angka

Pada kasus ini, x yang akan di cari terdapat dan atau menjadi sebuah pangkat dari bilangan. Atau bisa jadi menjadi pangkat dari variabel lain yang belum di ketahui. Untuk dapat menyelesaikan dan menemukan nilai x pada kasus ini, anda harus menyamakan bilangan agar pangkat dapat dihitung. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.
Contoh
Carilah nilai x pada persamaan berikut
2x + 2 = 8
2x + 2 = 23                  *2 dapat di acuhkan karena sudah sama dan berfokus pada x yang di cari
x + 2 = 3
      x = 3 - 2
      x = 1

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung dan mencari nilai x serta contoh soal. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas dan masih belum paham atau jika ada soal lain yang berbeda silahkan tanyakan di papan komentar yang ada di bawah. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sistem Persamaan Linear
Sistem Persamaan Linear

No comments:

Post a Comment