Cara Menghitung Bilangan Pecahan Biasa serta Contoh

Menghitung Bilangan Pecahan Biasa - Di pelajaran matematika, anda pasti sudah menemukan bilangan pecahan. Bilangan pecahan telah kita jumpai di bangku sekolah dasar (SD) dan merupakan pelajaran yang sangat dasar pada matematika. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas tentang cara menghitung bilangan pecahan serta contoh soal di antaranya: cara menambah bilangan pecahan biasa, cara mengurangi bilangan pecahan biasa, cara membagi pecahan biasa, cara mengalikan pecahan biasa, dan lain-lain. Semoga setelah anda membaca postingan kami ini, anda makin paham mengenai cara menghitung pecahan biasa.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan merupakan bilangan yang terdiri atas pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang terdapat di atas penyebut atau merupakan bilangan yang akan di bagi oleh penyebut. Penyebut adalah bilangan yang terdapat di bawah pembilang atau merupakan bilangan yang akan membagi penyebut. Secara sederhana bisa di katakan sebagai berikut:
  • Pembilang = bilangan yang di bagi
  • Penyebut = bilangan yang membagi
Perhatikan :
 2 
 3
keterangan:
2 merupakan pembilang
3 merupakan penyebut

Menghitung Bilangan Pecahan Biasa

1. Cara Menambahkan Bilangan Pecahan biasa

Menambahkan bilangan pecahan biasa berbeda halnya dengan menambahkan angka bukan pecahan. Yang pertama anda lakukan yaitu dengan menyamakan penyebutnya terlebih dahulu, kemudian setelah penyebutnya sama, anda dapat menambahkan pembilangnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dan penjelasan berikut ini:
Misalkan pada pecahan 1/2 dan 1/3
Samakan penyebutnya terlebih dahulu secara terpisah,
Kemudian, jumlahkan pembilangnnya:





Sehingga di dapatkan hasilnya,






2. Cara Mengurangkan bilangan pecahan biasa

Mengurangkan bilangan pecahan biasa sama halnya jika ingin menambahkan bilangan pecahan biasa, anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu sehingga dapat dilakukan operasi pengurangan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kasus berikut ini:
Misalkan pada pecahan 1/4 dan 1/5





samakan penyebutnya terlebih dahulu secara terpisah,








kemudian, kurangkan yang di dapat:





Sehingga, didapatkan hasil:





3. Cara Mengalikan bilangan pecahan biasa

Mengalikan bilangan pecahan biasa berbeda dengan operasi penambahan dan pengurangan. Pada operasi kali, anda tidak perlu untuk menyamakan penyebutnya. Untuk dapat mengalikan pecahan, anda hanya perlu mengalikan sesama pembilang dan mengalikan sesama penyebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pengalian pecahan berikut:
Misalkan pada pecahan 2/3 dan 3/4





Kalikan sesuai jajarannya, pembilang dengan pembilang serta penyebut dengan penyebut. Sehingga di dapatkan:





4. Cara Membagikan bilangan pecahan biasa

Membagikan bilangan pecahan biasa berbeda dengan mengalikan, menambahkan dan mengurangkan. Membagi bilangan pecahan biasa, terlebih dahulu anda harus mengubahnya dalam bentuk perkalian, yaitu dengan membalikkan pembagi (pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang) kemudian kalikan sesuai cara mengalikan pecahan biasa. Secara singkat dapat diartikan bahwa pembilang dikalikan dengan penyebut dan penyebut dikalikan dengan pembilang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembagian pecahan biasa berikut:
Misalkan pecahan 4/5 dan 1/2
Balik 1/2 menjadi 2/1 sehingga operasi bagi berubah menjadi operasi kali,
Kemudian kalikan sesuai cara pengalian pecahan biasa,
 Sehingga didapatkan hasil,

Contoh soal

Hitunglah bilangan pecahan berikut ini:
Jawab:

Kesimpulan:

  1. Bilangan pecahan didefinisikan sebagai bilangan a/b. Dimana a merupakan bilangan bulat dan b merupakan bilangan buat (b tidak boleh sama dengan 0).
  2. Bilangan pecahan biasa terdiri atas pembilang dan penyebut.
  3. Cara menghitung bilangan pecahan biasa yaitu dengan 4 metode diantaranya penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian.
Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghitung Bilangan Pecahan Biasa serta Contoh. Jika anda memiliki pertanyaan seputar materi diatas, silahkan tinggalkan pertanyaan anda di papan komentar yang ada dibawah. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Matematika SD

1 comment: