Macam-macam Bilangan serta Pengertian dan contoh

Macam-macam Bilangan Matematika - Pada bangku sekolah, anda sering di hadapkan pada sebuah bilangan terkhusunya pada pelajaran matematika. Kali ini, kami akan membahas tentang macam-macam bilangan, mulai dari bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan prima, bilangan rasional, bilangan irasional, bilangan riil, bilangan imajiner, bilangan komplek, contoh bilangan, perbedaan bilangan dan lain-lain. Semoga anda dapat mengerti dengan mudah.

Definisi Bilangan

Bilangan merupakan suatu konsep pada bidang ilmu matematikan yang digunakan pada pencacahan dan pengukuran. Bilangan dapat mempengaruhi bilangan yang lainnya dan dapat berpengaruh dengan adanya tanda. 


Pada dasarnya, bilangan adalah kumpulan angka-angka, yang di gunakan untuk menghitung sebagai tolak ukur. Misalnya jumlah barang yang menyatakan berapa banyak barang, jumlah berat yang menyatakan massa (bobot) atau tekanan.  Bilangan dapat di bagi menjadi beberapa kelompok di antaranya:

Bilangan Kompleks

Bilangan kompeks merupakan gabungan dari bilangan riil dan bilangan imajiner. Himpunan bilangan kompleks, semua anggota-anggotanya adalah (a + bi) di mana a merupakan bilangan real (nyata) dan bi merupakan bilangan real di kalikan dengan bilangan imajiner. Contoh bilanga kompleks: 1+i, -1+i, 3+2i, dan lain-lain.


Bilangan Imajiner

Bilangan imajiner atau bisa disebut dengan bilangan khayal merupakan bilangan yang mempunyai sifat i = √-1. Bilangan imajiner merupakan bagian dari bilangan kompleks. Bilangan imajiner tidak termasuk dalam bilangan real karena karena tidak dapat di tuliskan dalam bentuk desimal. Berikut beberapa contoh bilangan imajiner : i, -i, 1i, -1i, 2i, 3i dan lain-lain

Bilangan Real (nyata)

Bilangan real (nyata) atau biasa disebut juga dengan bilangan riil merupakan gabungan dari bilangan rasional dan bilangan irasional. Bilangan real merupakan semua bilangan yang dapat di tuliskan dalam bentuk desimal dan akar. Bilangan real merupakan bagian dari bilangan kompleks. Berikut beberapa contoh bilangan real : 0, 1/2, -1/2, 1, -1, 1/3, -1/3, 2, √2, √3 dan seterusnya

Bilangan Irasional

Bilangan irasional merupakan bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan atau desimal. Bilangan irasional merupakan bagian dari bilangan real. Anda dapat mengetahui ciri-ciri bilangan irasional yaitu terdapat akar yang jika di akarkan akan menghasilkan angka yang begitu banyak di belakang koma. Berikut beberapa contoh bilangan irasional : √2, √3, √5, √6, √7, dan seterusnya. √1 dan √4 bukan merupakan bilangan irasional karena jika di akarkan akan mendapatkan hasil bilangan rasional.

Bilangan Rasional

Bilangan rasional merupakan gabungan dari bilangan pecahan dan bilangan bulat serta dapat dituliskan dalam bentuk desimal atau pecahan (semua bilangan dalam bentuk desima). Secara umum bilangan rasional di nyatakan sebagai a/b, dimana a merupakan semua bilangan bulat dan b merupakan semua bilangan bulat serta b  0. Bilangan rasional merupakan bagian dari bilangan real. Berikut beberapa contoh bilangan rasional: 0, 1/2, -1/2, 1, -1, 1/3, -1/3, 2.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan merupakan semua bilangan yang di definisikan dalam bentuk a/b, dimana a merupakan semua bilangan bulat dan b merupakan semua bilangan bulat serta  0. Anda dapat mengetahui ciri-ciri dari bilangan pecahan dengan menjabarkan pecahannya, jika menghasilkan koma maka bilangan tersebut merupakan bilangan pecahan, sebaliknya jika tidak, maka bilangan tersebut termasuk bilangan bulat. Berikut beberapa contoh bilangan pecahan: 1/2, -1/2, 1/3, -1/3 dan seterusnya.

Bilangan Bulat

Bilangan bulat merupakan semua bilangan yang bukan termasuk bilangan pecahan termasuk 0. Bilangan bulat merupakan bagian dari bilangan rasional. Bilangan bulat merupakan gabungan dari bilangan bulat positif (biasa disebut bilangan asli), bilangan nol, dan bilangan bulat negatif. Berikut beberapa contoh bilangan bulat: 0,1,-1,2,-2,3,-3,4,-4 dan seterusnya.

Bilangan Bulat Positif

Bilangan bulat positif atau biasa di sebut dengan bilangan asli merupakan semua bilangan yang mempunyai serta bernilai positif dan tidak negatif (>0), 0 (nol) tidak termasuk bilanga bulat positif karena 0 (nol) merupakan bilangan netral. Berikut beberapa contoh bilangan bulat positif: 1,2,3,4,5,6 dan seterusnya.

Bilangan 0 (Nol)

Bilangan 0 (Nol) merupakan bilangan netral yang mencakup bilangan 0 (Nol) itu sendiri. Himpunan bilangan 0 (Nol) = {0}.

Bilangan  Bulat Negatif

Bilangan bulat negatif merupakan bilanngan yang mempunyai serta bernilai negatif dan tidak positif (<0), 0 (nol) tidak termasuk bilanga bulat negatif karena 0 (nol) merupakan bilangan netral. Berikut beberapa contoh bilangan bulat negatif: -1,-2,-3,-4,-5,-6 dan seterusnya.

Bilangan Cacah

Bilangan cacah merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan bulat positif dan bilangan 0 (Nol), tidak termasuk bilangan pecahan dan bilangan bulat negatif. Berikut beberapa contoh bilangan cacah: 0,1,2,3,4,5 dan seterusnya.

Bilangan Prima

Bilangan prima merupakan bilangan bulat positif yang tidak dapat di bagi dengan bilangan apapun kecuali dengan bilangan itu sendiri dan 1 (satu). Dengan kata lain bilangan yang di bagi dengan bilangan bulat akan menghasilkan bilangan pecahan dan tidak termasuk bilangan prima. Berikut beberapa contoh bilangan prima: 2,3,5,7,11,13,17 dan seterusnya.

Bilangan Komposit

Bilangan komposit merupakan bilangan bulat positif lebih dari 1 (satu) yang bukan bilangan prima. Dengan kata lain, jika bilangan yang di bagi dengan bilangan bulat menghasilkan bilangan pecahan merupakan bilangan komposit. Berikut beberapa contoh bilangan komposit: 4,6,8,9,10 dan seterusnya.

Bilangan Genap

Bilangan genap merupakan bilangan bulat yang habis di bagi dengan 2 (dua). Dengan kata lain, jika bilangan tersebut di bagi dengan 2 (dua) menghasilkan bilangan pecahan maka bilangan tersebut bukan termasuk bilangan genap. Berikut beberapa contoh bilangan genap: 2,4,6,8,10 dan seterusnya. 0 (Nol) tidak termasuk bilangan ganjil karena jika di bagikan 2 maka akan menghasilkan nilai tak terhingga.

Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil merupakan bilangan bulat yang tidak habis di bagi dengan 2 (dua). Dengan kata lain, jika bilangan tersebut di bagi dengan 2 (dua) menghasilkan bilangan pecahan maka bilangan tersebut termasuk bilangan ganjil. Berikut beberapa contoh bilangan ganjil: 1,3,5,7,9,11 dan seterusnya. 0 (Nol) tidak termasuk bilangan ganjil karena jika di bagikan 2 maka akan menghasilkan nilai tak terhingga.

Gambar Bilangan Real
Gambar Bilangan Real
Catatan:
Kami hanya menampilkan salah satu contoh uraian gambar bilangan. Mohon maaf karena keterbatasan atau besarnya tidak memadai sehingga kami tidak dapat menampilkan semua bagian bilangan pada gambar.


Demikianlah pemaparan mengenai Macam-macam Bilangan serta Pengertian dan contoh. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan komentar di papan komentar yang ada di bawah. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment